Sumenep, genpimadura.id – Melalui Ausrtalia Coral Expeditions, sebanyak 45 bule dari berbagai Negara tiba di Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (13/02/2020)

Rombongan kapal pesiar Coral adventurer ini langsung diarak dengan musik tradisional Ul-daul Banasare dari depan Taman Adipura menuju Museum Keraton Sumenep.

Para bule tersebut disambut dengan tari Mowang Sangkal dan suguhan pementasan Topeng Dalang khas Kota Keris.

Sue (58) bule asal Australia, mengaku tertarik berkunjung ke Museum Keraton Sumenep ini, karena penasaran akan artefak pararaton dan benda-benda bersejarah peninggalan raja-raja Sumenep.

“Tempatnya sangat bersih, orang-orang juga ramah dan hal lainnya, saya suka tarian tradisional yang dihadirkan, termasuk suguhan topeng dhalang,” tuturnya kepada Genpimadura.id penuh kesan.

Ia menilai pementasan Topeng Dhalang yang disuguhkan sangat seru dan asyik.

“Perpaduan musik tradisional dan gaya menari yang asyik, juga bentuk hiasan pada topeng yang dipakai terasa ada nilai seninya, takjub dan seru” serunya.

Menurutnya pementasan Topeng Dhalang yang diiringi musik tradisional tersebut merupakan pertunjukan yang pertama kali membuatnya takjub sejak pertama kali ia berkunjung, beberapa waktu lalu.

Syaiful Anwar, Ketua Genpi Madura menyambut hangat kedatangan para bule ke Sumenep.

Syaiful Anwar Ketua Genpi Madura saat diwawancarai oleh media

“Ini positif untuk perkembangan pariwisata di Sumenep, terlebih setiap bulan kita kedatangan bule” ujarnya.

Ia berharap kedepan para bule itu bisa berlama-lama untuk lebih leluasa melakukan explorasi ke beberapa destinasi wisata yang ada di ujung timur Pulau Madura ini.

Menurut Anwar, para bule cukup terhibur dengan suguhan kesenian yang dihadirkan, termasuk juga karena dapat melihat langsung koleksi peninggalan pararaton, seperti berbagai jenis pusaka keris yang masih terpelihara dengan baik dalam museum.

“Intinya, kami tadi berupaya semaksimal mungkin bagaimana menyambut para wisatawan mancanegara itu dengan baik dan ramah,” ujarnya.

Penulis: Fendi Chovi
Editor: Mazdon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here