Sumenep, genpimadura.id – Pemerintah Provinsi Jawa Timur, meggelar Bimbingan Teknis pengelolaan dan pengembangan wisata budaya dan buatan, di Hotel Musdalifah, Jl. Trunojoyo, Gedungan, Batuan, Sumenep Madura Jawa Timur, Rabu (11/03).

Bimtek ini diikuti oleh para pelaku pariwisata, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, akademisi dan pengelola wisata sejarah dan religi, se Madura.

Susariningsih, Plt. Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Timur mengatakan, terselenggaranya Bimtek ini berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, dan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi dikawasan metropolitan Jawa Timur yaitu Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan, adalah sebuah kawasan metropolitan di Provinsi Jawa Timur, serta Kawasan Bromo Tengger dan Semiru (BTS), serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Selain itu Bimtek yang diselenggarakan selama 2 hari ini, yaitu dari tanggal 11 hingga 12 Maret, bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku pariwisata dan instansi terkait dalam pengembangan wisata sejarah dan religi.

” yaitu untuk Meningkatkan kualitas dan kapasitas pelaku pengelolaan daya tarik wisata dalam pengembangan produk pariwisata khususnya destinasi wisata sejarah dan religi di Jawa Timur ” kata Susariningsih kepada genpimadura.id.

Berdasarkan manual acara Bimtek, hari pertama para peserta mendapatkan dua materi. Materi pertama tentang peningkatan kualitas wisata sejarah menjadi destinasi wisata yang diminati wisatawan. Sedangkan Materi kedua, tentang strategi pemanfaatan cagar budaya untuk pengembangan pariwisata.

Pada hari terakhir, para peserta menikmati kegiatan familiarization trip (fam trip), atau perjalanan tour ke kawasan kota tua, di areal atau sekitar PT. Garam Persero
Kalianget, Sumenep.

Penulis : Fendi Chovi
Editor : Abd. Rahem

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here