Sumenep, genpimadura.id – Melalui Ausrtalia Coral Expeditions, sebanyak 45 bule dari berbagai Negara tiba di Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (13/02/2020)

Rombongan kapal pesiar Coral adventurer ini langsung diarak dengan musik tradisional Ul-daul Banasare dari depan Taman Adipura menuju Museum Keraton Sumenep.

Ada satu yang menggelitik unik sekaligus ketakjuban bagi para Wisatawan Mancanegara tersebut, yaitu saat mereka melihat aneka ragam dan jenis pusaka keris Aeng Tong-tong, yang ada di Keraton Sumenep.

Dengan didampingi pemandu wisata, para bule tampak menyentuh dan menanyakan bahan material pembuatan pusaka keris, yang tertata di meja.

Ian Sobey, bule asal Australia mengaku suka sekaligus takjub dengan sejumlah pusaka keris tersebut. Ia tampak menimang-nimang keris yang dipamerkan dan menanyakan bahan material pembuatan pusaka keris.

“Bentuk keris satu dengan yang lain tampak berbeda dan memiliki bentuk yang menarik. Ini senjata dengan seni pembuatan yang tinggi,” ujarnya, kepada genpimadura.id

Sementara Sanamo dari Pelar Agung Museum Keris Aeng Tong-tong Sumenep menyebutkan jika para bule memiliki ketertarikan pada keris-keris yang dipamerkan.

“Sayangnya, keris ini tidak bisa dibawa ke negeri mereka ” pungkasnya.

Penulis : Fendi Chovi
Editor : Abd. Rahem

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here