Sheculfest 2019 Sukses Merevitalisasi Aneka Makanan Khas Madura

0

Dikutip dari @genpijatim, Event Sumenep Heritage Culinary Festival 2019 Angkat Kembali Berbagai Kudapan Peninggalan Nenek Moyang. Selama dua hari, 12 – 13 Oktober 2019 masyarakat Kabupaten Sumenep dimanjakan dengan hadirnya berbagai kudapan lezat dalam Sumenep Heritage Culinary Festival 2019 (Sheculfest).

Bukan sekedar festival kuliner biasa, kali ini mereka mengangkat dan mempopulerkan kembali berbagai kuliner tradisional warisan para nenek moyang terdahulu. Selain itu unsur heritage diperkuat dengan penyelenggaraan acara yang berada di sekitar Taman Potre Koneng, Sumenep atau berdekatan dengan Keraton Sumenep.

Sepanjang lokasi acara, puluhan stan makanan berjejer dengan rapi memamerkan berbagai kuliner serta jajalan tradisional. Sebanyak 68 stand etnik yang terdiri dari 56 stand kuliner dan 12 stand produk unggulan dari TP PKK Sumenep berlomba menampilkan kuliner khas Sumenep seperti rap orap, cake, masak pae, Kue Cocor, kue kering/basah lain dan sebagainnya.

acara ini menjadi perhatian warga madura khususnya kabupaten sumenep karena acara ini berdampak positif terhadap beberapa hal, salah satunya yang sangat mendasar pada revitalisasi makanan khas madura yang terus dijaga. dengan event seperti ini akan menumbuh kembangkan minat masyarakat khususnya generasi muda untuk mengenal dan melestarikan masakan khas tersebut sehingga tidak punah oleh waktu. dampak selanjutnya akan membangkitkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku usaha pada sektor kuliner.

makanan tradisional atau makanan khas suatu daerah adalah kekayaan turun temurun yang harus dilestarikan, karena semacam ini sangat diminati bahkan diburu oleh wisatawan lokal bahkan wisatawan luar. dalam artian, wisatawan pasti gemar pada kuliner tradional suatu wilayah tersebut, wisatawan tidak hanya ingin menikmati keindahan alam wisatanya saja namun juga ingin tau keanekaragaman kuliner istimewa suatu daerah. sehingga apabila masakan atau makanan tradisional tidak dilestarikan hal ini berdampak punahnya kekayaan warisan culiner tersebut dan minimnya minat wisatawan untuk mengenal suatu daerah itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here