Sampang, beberapa pekan yang lalu kabupaten sampang mengelar pemilihan duta batik sampang 2019 dan nama yang keluar sebagai juara duta batik sampang 2019 adalah Moh. Riadi (putra) dan Ratu Bernessa Effendi (putri). Pemilihan duta putra putri batik Sampang ini dilaksanakan di Pendapa Trunojoyo 13 Oktober 2019. Puluhan finalis tampil memukau di hadapan juri dan juga penonton yang menyaksikan jalanya pemilihan duta batik sampang tersebut.

Grand final ini digelar dengan tiga tahap. Dari sekian banyak peserta dipilih nominasi sepuluh besar, lalu nominasi lima besar, kemudian dipilih pemenang. Melalui proses penilaian panjang, Moh. Riadi akhirnya terpilih sebagai juara 1 kategori putra dan Ratu Bernesa Effendi terpilih sebagai juara 1 kategori putri. Hadiah yang mereka dapatnya adalah medali dan sertifikat serta pemenang juga mendapatkan uang pembinaan pendidikan.

Moh Riadi atau yang akrab dipanggil yayad ini adalah pemuda kelahiran sampang  07 juli 1999. Ia dilahirkan di sebuah desa terpencil tepatnya di desa Tamberu Laok Kecamatan Sokobanah. Saat ini ia masih berstatus mahasiswa semester 7 di kampus IAIN Madura Jurusan Pendidikan Bahasa inggris. Sebelum mengikuti pemilihan duta sampang yayad ini memang sudah aktif di berbagai organisasi intra maupun eksta khususnya organisasi ikatan duta kampus IAIN Madura. dan sejak menjadi anggota duta kampus iapun sudah memperoleh prestasi-prestasi gemilang. Pun demikian dengan Ratu Bernessa Effendi yang memang sudah banyak memperoleh prestasi-prestasi dibidangnya.

Saat diwawancarai, yayad menyampaikan Harapannya agar masyrakat sampang terus senantiasa melestarikan dan mencintai batik karena dengan membudayakan dan melestarikan batik berarti menjaga budaya yang ada, khususnya Dalam menggunakan batik.

Menjelang hari jadi kabupaten sampang. yayad menambahkan, Harapanya dihari jadi sampang yang ke 396, putra putri batik sampang lahir untuk bagaimana memberikan kontribusi nyata kepada kabupaten sampang khususnya dalam melestrikan batik. Untuk itu harapan menyambut hari jadi ini diharapkan dari setiap lapisan masyarakat dan pemerintah untuk mendukung terus dan bersama-sama menggunakan batik sampang dan melestarikannya. Tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here