Sumenep, genpimadura.id – Madura tidak hanya dikenal dengan budaya Karapan Sapi atau kuliner sate atau dan soto. Tapi sejak dulu Madura memang dikenal sebagai Daerah yang memiliki ragam seni budaya.

Salah-satunya adalah seni tari. Di Kabupaten Sumenep Madura, terdapat sebuah seni tari yang dipadukan dengan budaya masyarakat pesisir. Seni Tari ini kerap dijadikan sebagai sebuah pertunjukan atau tontonan rakyat sekaligus sebagai bagian dari ritual perkawinan.

” Pertunjukan Pengantin Pesisir ini sebenarnya banyak terinspirasi dari ritual prosesi pengantin yang ada di pesisir utara kabupaten Sumenep, Madura,” ujar Agus Gepeng, sutradara Pengantin Pesisir kepada genpimadura.id (28/06/21).

Konsep pertunjukan ini setidaknya mengambil tiga wilayah tiga Kecamatan sebagai tempat rujukan, yaitu Kecamatan Batang-batang, Dungkek dan Gapura.

” Sebenarnya pertunjukan ini bagian promosi Pariwisata terutama di bidang kebudayaan yang menghasilkan tradisi dan bentuk kesenian seperti Sintong, Saronen, Sinden, Mamaca, dan tari penyambutan yang perlu dinikmati,” ujar Agus.

Menurutnya, alur cerita pementasan ini diawali dengan arak-arakan rombongan pengantin mempelai laki-laki yang diiringi oleh musik Saronen dan dipimpin oleh seorang narahubung pihak mempelai laki-laki (Pangadha’, Madura; Red).

” Pangadha’ ini yang ditunjuk oleh keluarga pengantin untuk memimpin jalannya prosesi temu manten. Umumnya, pangadha’ ada dua orang, satu dari mempelai laki-laki dan satu dari mempelai perempuan,” ujarnya.

Adegan prosesi temu pengantin dimulai dengan panggilan salam dari Pangadha’ mempelai laki-laki yang disambut oleh Pangadha’ mempelai perempuan. Kemudian terjadilah sebuah dialog antar Pangadha’.

“Dalam sebuah pertunjukan, Kami melibatkan sejumlah seniman, seperti jaringan pegiat tari Gayatri, pemain Saronen, Sintong dan Karawitan”. pungkasnya.

Untuk diketahui, Pertunjukan Tari Pengantin Pesisir akan tampil di Anjungan Jawa Timur di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada Minggu 06 Juli 2021 mendatang.

 

Penulis : Fendi Chovi

Editor : King Abdul Rahem

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here