Mahasiswi semester 4 di Universitas Wiraraja Sumenep, Delfia Noor Safitri, terpilih menjadi perwakilan Madura dalam ajang Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur 2020.

Sebelumnya, dara cantik kelahiran 6 Desember 1999 ini terpilih menjadi juara pertama pemilihan duta wisata Kacong Cebbing Sumenep 2019.

Delfia akan menjalani karantina mulai tanggal 5 Maret hingga babak Grand Final Raka Raki Jawa Timur 2020 tanggal 7 Maret mendatang.

“Saya akan melakukan yang terbaik, sebab saya yakin hasil tidak akan mengkhianati usaha. Fahuwa hasbuh, yakin saja sama yang Maha segalanya,” tuturnya saat ditemui genpimadura.id di halaman Kampus Universitas Wiraraja, Kamis (27/2/2020).

Gadis kelahiran Bangselok Sumenep itu mengatakan, pencapain yang diraih selama ini bukanlah semata-mata karena usaha diri dia sendiri, melainkan berkat dukungan keluarga, “lebih-lebih ibuku,” timpalnya.

“Orangtuaku mendukung penuh apapun yang saya perjuangkan selagi tidak melanggar ajaran agama dan negara,” imbunya.

Anak bungsu tiga bersaudara dari pasangan Yamin Marwajianto Mustafa dan Sunarsiyah ini memang dikenal sebagai pribadi yang aktif sejak masa kanak hingga kini menempuh jenjang kuliah.

Sejak duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) hingga kini dirinya mengaku sangat menyukai kegiatan seni. Saat ini Delfia masih aktif sebagai anggota dari Jaringan Pegiat Tari Kabupaten Sumenep (Gayatri).

“Selama ini, lingkungan kampus dan dukungan teman-teman serta motivasi dari para dosen cukup membuat saya bersemangat,” ungkapnya.

Mahasiswi jurusan akutansi negara ini kemudian mengutarakan, bahwa masa-masa di bangku kuliah menurutnya merupakan kesempatan untuk mengembangkan diri, yaitu dengan cara mengikuti berbagai lomba di lingkungan kampus dan luar daerah.

Dia menyabet gelar Duta Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Wiraraja pada 2018 silam dan juara debat konstitusi di kampus setempat.

Ditanyakan apa saja langkah dan inisiatif yang akan diperjuangkan sebagai duta pariwisata? Delfia menjawab akan terus mempromosikan pariwisata yang ada di Madura serta mengajak masyarakat agar bijak dalam memanfaatkan sosial media.

Menurutnya, untuk menarik para wisatawan baik wisatawan lokal ataupun mancanegara, begitu banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah pemanfataan media sosial.

“Kita perlu menggunakan sosial media, seperti facebook, instagram, dan twitter untuk mengupload foto berbagai kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Sumenep, dengan caption yang semenarik mungkin,” terangnya.

Selama mengikuti pemilihan Duta Wisata Kachong Cebbing Sumenep 2019, Delfia mengaku menemukan banyak hal yang memotivasi dirinya untuk menjadi sosok perempuan yang pada gilirannya nanti mampu untuk turut serta membangun Sumenep menjadi lebih baik.

“Setidaknya, kemanapun kita pergi, sebaik mungkin kita harus mewakili para pemuda Sumenep yang mengedepankan sopan santun,” imbuhnya.

Soal cita-cita, Delfia selalu mengingat arahan orang tua, terutama apa kata ayahnya, yaitu mengejar ilmu tiada henti sepanjang hayat.

“Jadi, InsyaAllah akan lanjut S2. Saya punya motivasi diri untuk menjadi public speaker,” tandasnya.

Pada pemilihan Raka Raki Jawa Timur 2020 nanti, delfia akan berpasangan dengan Muhammad Zamil Zamzami.

Penulis: Fendi Chovi
Editor: Mazdon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here