Suasana hari ke-3 lomba mewarnai pada Festival Durian Puncak Ratu 2020 ramai diikuti ratusan delegasi penggambar cilik dari sejumlah lembaga pendidikan taman kanak-kanak se-Madura, Minggu (2/2/2020) pagi.

Para orang tua dan guru pendamping ikut hadir dan memberikan semangat kepada siswa siswinya yang berkompetisi.

Para pelajar itu diberi durasi waktu selama 60 menit untuk mewarnai buah durian pada kertas yang telah disediakan oleh panitia.

Helliyah (36) pendamping siswa, delegasi dari Desa Kolor Kabupaten Sumenep menyebutkan jika acara mewarnai ini cukup efektif untuk menanamkan nilai-nilai edukasi bagi anak sejak dini.

“Saya senang dengan lomba ini. Setidaknya, anak-anak dilatih kepekaan untuk mengenal warna-warna pada buah durian,” ujarnya kepada Genpimadura.id

Dia mengaku jauh-jauh datang dari Sumenep semata agar anak-anak didiknya berani berkompetisi di tingkat kabupaten.

“Dunia anak-anak itu seru. Dengan begini, mereka bisa menggambar dengan ceria, tidak menangis. Itu cukup membahagiakan,” ujarnya.

Sebab itu, Helliyah mengaku sering kali ikut menemani anak-anak pada sejumlah kompetisi mewarnai di beberapa daerah di Madura.

Terakhir ia menyampaikan, menang kalah katanya tidak masalah, “karena itu bagian dari usaha dan kemampuan bersaing. Tapi saya bangga jika anak-anak yang saya antarkan bisa keluar sebagai juara,” pungkasnya penuh harap.

Vicky Faisal, panitia acara lomba mewarnai ini menyebutkan bahwa saat berlomba mewarnai buah durian, para peserta tidak diperkenankan mendapat arahan dari pendamping maupun orangtuanya.

“Para pendamping cukup berdiri di samping lokasi kegiatan menggambar, diberi pembatas tali rafia,” terangnya.

Dijelaskan, para orang tua cukup memberikan semangat dan dukungan dari luar pembatas kepada anak-anak mereka yang sedang berlomba.

Selain itu, sambung Vicky, sebelumnya para peserta katanya diwajibkan membawa sendiri alat-alat yang dibutuhkan saat lomba. “Mulai dari meja, krayon, dan alat-alat yang dibutuhkan lainnya,” pungkas dia.

Setelah selesai mewarnai, para peserta berkesempatan untuk berkeliling kawasan destinasi wisata puncak ratu, didampingi panitia, dan orangtua siswa sambil menunggu informasi pemenang yang akan diumumkan pada hari ini juga.

Penulis: Fendi Chovi
Editor: Mazdon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here