Sumenep, genpimadura.id -Sejumlah Mahasiswa di Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengikuti pelatihan jurnalistik dengan tema ” Dunia Jurnalistik sebagai Implementasi Insan Akademis yang Idealis”.

Pelatihan ini menghadirkan pembicara Wartawan Senior, yaitu Kontributor MNC Grup (RCTI, MNCTV, GTV, dan iNewsTV) sekaligus Pemimpin Redaksi genpimadura.id.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari berturut, dari tanggal 5 dan 6 Juni 2021, itu bertempat di Gedung Aula Kantor BAPPEDA Kabupaten Sumenep.

” Kegiatan ini untuk menumbuhkan ketertarikan mahasiswa terkait jurnalistik dan media massa, terutama untuk anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) komisariat Paramadina Universitas Wiraraja,” ujar Irwan, Ketua Pelaksana kepada genpimadura.id

Menurutnya, panitia menghadirkan tiga narasumber yang kompeten dibidangnya untuk menjelaskan seputar kerja insan pers dan cara cerdas memilih dan memilah informasi.

” kami menghadirkan narasumber yang bisa diharapkan ikut memberi pemahaman kepada generasi muda untuk cerdas dalam memilih media dan memahami alur kerja insan pers,” tegasnya.

Sementara, Abd. Rahem, Pimred genpimadura.id dalam materinya menjelaskan, jurnalis itu saat liputan harus menyajikan fakta secara utuh dan tidak berpihak kepada persepsi benar atau salah, sehingga berita yang disajikan betul-betul independen dan transparan.

” Saat ini, dimana IT dan arus informasi begitu pesat. Hampir tak terkendali, maka kita semua harus selektif dalam menerima informasi. Jangan menjadi bagian dari penyebar Hoax, pahami isinya dan lihat narasumbernya,” pungkasnya.

 

Penulis : Fendi Chovi

Editor : D’ King Abdur Rahem

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here