Sumenep, genpimadura.id – Penanaman 2.000 bibit pohon mangrove dilakukan dikawasan Muara Kali Saroka, Desa Kebun Dadap Timur, Kecamatan Saronggi, kabupaten Sumenep, Madura, Sabtu (08/02/2020).

Aksi tanam pohon mangrove ini dilakukan oleh Satpolair Polres Sumenep, Muspika Saronggi, Pokmaswas, Nelayan, LSM, Pelajar, dan TNI Angkatan Laut.

Maskur Riyanto, ketua Pokmaswas Reng Paseser Saronggi, mengatakan penanaman bibit mangrove ini untuk mencegah abrasi air laut dan pentingnya menjaga kelesrarian pantai secara bersama-sama .

“Tujuannya untuk mengatasi abrasi pantai dan penyempitan sungai, dan manfaatnya secara ekonomi, yaitu bakau itu bisa menjadi tempat mencari makan kepiting bakau dan ikan-ikan,” ujarnya.

Sementara Fadel Abu Aufa, Pegiat Pariwisata Sumenep, mengatakan penanaman mangrove ini untuk memberi kesadaran kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Setidaknya masyarakat di sekitar Kali Muara Saroka tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan kondisi air laut ikut tercemar,” ujarnya.

Penulis : Fendi Chovi
Editor : Abd. Rahem

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here