Pemekasan, Genpimadura.id – Di hari ke-2 Festival Durian Puncak Ratu, destinasi wisata alam yang terletak di Dusun Mongging Desa Tebul Barat Kecamatan Pegantenan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur ini padat oleh para peserta lomba belah durian.

Pantauan di lokasi, sejak Sabtu pagi pukul 08.30 WIB, (01/02), ratusan pengunjung dari berbagai daerah dan warga sekitar datang berbondong-bondong ke area lomba yang rencananya akan digelar rutin tahunan ini.

Sebelum dimulai, para panitia lomba terlihat sibuk menyiapkan buah durian di atas meja dan memastikan bahwa setiap buah yang hendak dibelah itu utuh.

Saat dimulai, para peserta cukup girang untuk dapat membelah buah durian dengan cepat. Sesuai peraturan, setiap peserta tidak dibolehkan membelahnya dengan menggunakan alat bantu apa pun. Para penonton pun bersorak-sorai sambil bertepuk tangan, beri semangat.

Ada sekitar 35 peserta lomba saling beradu nyali. Mereka melempar-lemparkan buah berduri itu ke tanah agar bisa terbuka, lalu menghabiskan seluruh isinya dalam jangka waktu 3 menit.

“Seru, sangat seru, saya baru kali ini ikut lomba seperti ini,” Kata Fandi, salah-seorang peserta.

Kepala Desa Tebul Barat, Mohammad Ali Purwanto mengaku sangat apresiatif dengan antusias para peserta dan pengunjung yang hadir ke lokasi.

“Alhamdulillah, seru sekali,” ujarnya singkat.

Kades termuda di Kabupaten Pamekasan itu kemudian menyampaikan, bahwa salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana dan wahana edukasi bagi para wisatawan, khususnya terhadap warga Desa Tebul Barat.

“Agar masyarakat tahu, bahwa membelah durian tanpa alat bantu itu ada caranya tersendiri, tidak semudah yang dikira banyak orang, butuh kreatifitas dan kecerdikan ” jelas Wawan.

Dengan begitu, sambung dia, mereka akan berpikir cepat dan harus memanfaatkan kecerdasannya dalam waktu yang tidak lama.

“Dengan durasi yang singkat, para peserta akan saling berpacu dan berpikir cerdas. Buktinya, mereka melempar-lemparkan buah durian ke tanah sebelum mencicipi isinya,” ujarnya.

Lomba belah buah durian pada Festival Durian Puncak Ratu tersebut terbuka untuk umum. Pemenang lomba akan diumumkan pada acara puncak atau penutupan Festival Durian, yakni pada Minggu, tanggal 02 Januari besok.

Penulis : Fendi Chovi
Editor : Mazdon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here